Sabtu, 06 Mei 2017

Mayoritas Penghuni Neraka



16. Iblis menjawab: “karena Engkau telah menyesatkan aku, pasti aku akan selalu menghalangi mereka dari jalan-mu yang lurus!”
17. kemudian pasti aku (iblis) akan mendatangi mereka (manusia) dari depan, dari belakang, dari kanan dan dari kiri mereka. Dan engkau tidak akan mendapati kebanyakan mereka bersyukur...
18. (Allah) berfirman: “keluarlah kamu dari sana (surga) dalam keadaan terhina dan terusir! Sesungguhnya ada diantara mereka yang mengikutimu, pasti akan Aku (Allah) isi neraka jahanam dengan kamu semua.”
(QS. Al-A’Raf [7] : 16-18)

Ini adalah catatan dari seorang pemuda yang baru saja belajar menekuni agamanya lebih dalam. Tentunya ini hanyalah sebuah analisa mentah dan perlu ditanyakan lagi kepada para ustad atau kiai. Dua kalimat yang ditebalkan diatas menurutku mengandung korelasi yang kuat. Di ayat 17 Iblis berkata bahwa iblis akan selalu ‘mendatangi’, kata ini dapat diartikan iblis selalu mengajak kepada kesesatan, keburukan, kepada apapun yang melanggar kepatuhan terhadap Allah, dan iblis memberi ultimatum atau membocorkan ciri-ciri bahwa kebanyakan dari mereka (manusia) yang akan tergoda pada bujuk rayu iblis adalah orang-orang yang tidak bersyukur. Kemudian Allah menimpali dan dipertegas dengan kalimat terakhir ayat 18, isi neraka jahanam adalah semua orang-orang yang mengikuti iblis.
Katakanlah muncul dua premis:
-          Iblis selalu mengajak manusia pada keburukan dan kesesatan dan golongan yang paling banyak masuk dalam bujuk rayunya adalah mereka yang tak bersyukur
-          Allah akan memasukkan mereka semua ke dalam neraka jahanam
Silogismenya menjadi :
Kebanyakan orang yang masuk neraka adalah mereka yang tidak bersyukur, naudzubillahi min dzalik...

Mari menjadi pribadi yang senantiasa bersyukur, walau berat dirasa, selalu ucapkan; “Ya Allah, kami hamba-hambaMu yang lemah, terimalah puji syukur kami atas segala rahmat dan nikmat yang telah Engkau titipkan.”

Terimakasih, semoga bermanfaat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar