Minggu, 05 Juli 2015

Kartu Joker



Tulisan ini kupersembahkan untuk seorang teman baik, yang dari perbincangan dan pengamatanku selama ini bersamanya menginspirasi menetasnya tulisan kecil ini.Ya, memang aku hendak mengkisahkan teman baikku, yang namanya harus tetap menjadi rahasia.
Aku mengenalnya sejak lama, kami bersahabat dengan baik. Dia sekilas terlihat seperti pribadi biasanya, tak ada yang menonjol. Dari segi fisik posturnya lumayan tinggi, badannya tegap berisi, tak gendut dan tak kurus. Wajahnya biasa saja, dengan hidung mancung dan gigi yang sedikit tak rapi, namun terlihat bersahabat dan serasi. Rambutnya hitam lurus, nampak kadang tak beraturan dan terlihat alami. Tidak bisa dikatakan ganteng namun sedap dipandang. Dia selalu menjaga penampilan, namun tak pernah habis-habisan untuk tampil oke. Disaat yang lainnya mempermak habis penampilan dengan banyak uang agar tampil lebih parlente, dia lebih suka tampil jujur, menjaga kerapian penampilan sekedarnya. Secara keseluruhan temanku ini memang terlihat menarik dan good looking.
Sesuatu yang tergolong lain dari pribadi biasanya baru bisa dilihat saat ditelusuri pedalamannya. Aku berani bilang, dia seorang yang lain dari lainnya, extraordinary dan mungkin menurutku hanya sedikit yang bisa menyamai. Yang akan aku ceritakan adalah, dia tampak berbakat dalam semua bidang, tampaknya memang seperti itu. Lama aku mengenal dia, hampir tak pernah kujumpai satupun kelemahan. Di bidang pelajaran dia tergolong maju, nilai-nilai dari setiap jenjang pendidikan acapkali diatas rata-rata teman sepertongkrongannya. Waktu main dia gunakan untuk main, belajar untuk belajar, begitu seterusnya. Memang tak pernah dapat nilai terdepan, namun dengan kebiasaanya yang slengek’an cukup membuat kami beserta teman-teman terheran-heran.
Temanku ini, dia orang yang memperhatikan kesehatan fisik. Terlihat dari badannya yang selalu nampak bugar. Setauku dia jarang sekali sakit. Olahraga masuk dalam salah satu hobinya. Dia tak punya preferensi olahraga spesifik yang disenangi, dan sepengetahuanku hampir semua olahraga bisa dikuasai dengan baik kalau tak bagus. Futsal, bulu tangkis, voli, renang, penyuka jogging, dan semua yang berhubungan dengan olahraga umumnya, bahkan billiarpun. Kredit khusus diberikan pada cabang futsal, pernah aku main ke tempatnya dan menjumpai ada satu piala disana. Juara 3 futsal dekan cup se-fakultas, dan tropi itu ada dikamar sebagai penghormatan teman-teman setim pada dirinya sebagai pencetak angka terbanyak dalam kompetisi. Cukup mengagumkan.
Temanku ini termasuk orang yang ramah dan punya banyak sekali teman. Sering sekali saat kita nongkrong ada yang memanggil namanya, bersalaman walau kemudian hanya untuk bercipiki sejenak. Memang pribadinya supel dan asyik diajak bicara, ramah dan gemar jadi pemecah suasana dengan guyonan renyah. Guyonan yang dilontarkan pun seringkali cerdas dan segar, ngobrol dengannya seakan tak kehabisan topik untuk diperbincangkan. Luasnya bahan obrol yang dimilikinya tak lepas dari pengetahuannya yang juga setahuku luas. Dari sini kemudian aku berasumsi, orang semakin luas pergaulannya semakin pula luas pengetahuannya. Mungkin bisa dibenarkan. Luasnya pertemanan yang dimiliki juga dibuktikan dengan berbagai kegiatan ekstra yang diikuti. Banyak kegiatan organisasi dan kepanitiaan yang pernah digeluti, pernah juga dia jadi ‘tukang damprat’ pada kepanitiaan penerimaan mahasiswa baru fakultas. Posisi sebagai tukang damprat ini kunilai sedikit berkelas karena memang diseleksi khusus. Yang jelas, temanku ini punya banyak sekali teman, social skill yang tergolong mumpuni dan keren.
Ada hobi lain yang dimilkinya, tergolong unik dan antimainstream menurut pandanganku secara pribadi. Dia adalah seorang bocah yang gemar membaca, terjejer rapi cukup banyak buku bacaan di rak buku dalam kamarnya. Bagi orang “se-umum” dia, yang memang benar-benar terlihat biasa-biasa saja, fakta ini kurasai sangat mengejutkan. Bacaannya pun sedikit berat, bukan novel-novel metro-pop tentang cinta-cintaan. Dia suka membaca genre sejarah, filsafat, sosial-politik, sastra dan roman klasik. Selain membaca temanku ini juga suka menulis, walaupun setelah kuperiksa banyak tulisannya yang berbobot ringan-ringan. Tapi hebatnya, dia pernah memenangkan sebuah kompetisi menulis, aku tak tahu detilnya, dia juara 2. Membaca dan menulis, apalagi? Puisi dan sastra, temanku adalah penikmat nomor satu keduanya. Sering kulihat dia cobai buat puisi, namun lucu dan terlalu kotak. Pernah aku tertawa kencang dibuatnya. Bagaimana dengan seni? Ahh sering kulihat dia mengambil gitar, dipetiknya sambil nyanyi-nyanyi. Petikannya lumayan, suaranya lumayan, dan lagu yang dibawakan pun tergolong “tak umum”, keren. Seni musik pun dia bisa, aku tak bisa, banyak temanku tak bisa meski banyak pula temanku yang bisa (sekedarnya).
Diatas sudah kujelaskan sedikit bagaimana temanku ini punyai banyak teman. Teman baikku ini kuamati dia punyai kemampuan komunikasi yang baik. Perbendaharaan katanya lumayan luas, mungkin didapatkan dari banyaknya buku yang telah dia bacai. Kemampuan berbahasa asingnya juga bagus, terutama bahasa inggris. Pernah dalam sebuah tes kami dibuat ternganga oleh kemampuannya, hasil tesnya mencapai angka tinggi. Padahal setauku dia tak pernah ikut kursus Bahasa inggris, apalagi yang berbiaya mahal. Sudah kubilang, temanku ini orang yang slengek’an, dan aku mempadahalkan ke-slengek’an-nya ini. Sejak saat itu aku tak pernah lagi meremehkan kemampuan berbahasanya. bahasa induk, bahasa jawa ngoko dan krama inggil (dia asli jawa) dikuasainya dengan baik.
Tak cukup hanya dengan itu, dia mulai mengembangkan keingintahuannya akan berbagai hal. Seakan melihat ladang yang subur disana-sini, dia bersiap menyebar benih sebanyak-banyaknya. Aneh-aneh pula yang ingin digarapnya. Dan kemauannya yang kuat untuk berkembang bermuara pada satu hobi baru, mendaki gunung. Kukira ini hobi yang tak umum dan tergolong sedikit ekstrim pada waktu itu (karena sekarang sudah menjamur akibat film 5km). Dalam pendakian gunung, sejauh ini kutahu sudah banyak gunung yang pernah didaki. Disaat teman sepertongkrongan hanya sekedar ala kadarnya main ke pantai, ke mall, ke tempat-tempat yang ada wahana permainannya, dia malah memilih main yang jauh-jauh, rekreasi ke tempat-tempat bahaya dan extraordinary, hebat benar kurasai (dan akhirnya diri ikut-ikutan tertular). Lama aku berteman dengannya, tak hanya gunung saja yang ingin dia kunjungi, masih banyak tempat-tempat lain yang ingin dia jamahi. Bahkan dalam perkara menikmati hidup pun, makin jauh aku terasa ketinggalan olehnya…
Setelah jauh-jauh aku rasai ketinggalan, ternyata tak cukup sampai disitu kekalahanku. Satu pengakuan yang membuat kami terkaget-kaget, ternyata dia adalah seorang pendekar silat. Dia berangkat dari desa dibekali dengan keahlian bela diri yang tentu tak semua dari kami teman sepertongkrongan punya (aku bisa). Bela dirinya pun tak tanggung-tanggung, perguruan silat dengan nama mentereng yang terkenal hebat-hebat dan tangkas lulusannya. Aku kenal sedikit dengan perguruan silat itu, porsi latihan yang diberikan sangat keras dan intensif, latihan berangkat malam pulang pagi seminggu dua kali. Baru ditasbih menjadi pendekar setelah lulus dan mampu menyerap semua ilmu dan ketangkasan khas pendekar silat dalam pendadaran selama 2 tahun yang melelahkan. Diri merasa ciut, makin ciut lagi saat dia ceritakan kelulusan pendadarannya yang tanpa pernah bolos latihan selama 2 tahun, tanpa pernah KO (pingsan) saat dihajar pelatih, tanpa pernah muntah pula. Sekarang predikatnya adalah pendekar tingkat I sekaligus pelatih silat di perguruannya. Dia sampaikan padaku hendak lanjut ke tingkat II, namun belum ada waktu. Pernah juga dia jadi atlit silat, terpilih seleksi ranting untuk hendak maju di kejuaraan Kejurda Kabupaten kota B, namun karena sebuah insiden yang menyebabkan tulang tangan kanannya dislokasi, akhirnya sampai saat ini kutahu dia sudah tak berminat terjun lagi menjadi atlit silat. Namun kurasai ketangkasannya tetap saja ada, mungkin berkembang malahan. Hebat!
Kemampuannya yang serbabisa ini memang unik, namun serbabisa yang melebihi kemampuan orang pada umumnya ini benar-benar tak lucu, mendekati jenius! Mungkin kelebihan itu tak lepas dari dia yang selalu keras terhadap dirinya. Disaat yang lain sudah bersantai-santai, dia masih umek sendiri dengan pengembangan diri. Jenius dalam berkerja keras yang patut kucontoh…

Namun kulihat, ternyata dia bukan tanpa kelemahan. Dan dia sadar benar akan kekurangannya ini. Pernah dia bilang ke aku, untuk memiliki spesialisasi skill khusus sebagai bekal menghadapi masa depan. Karena dirasai saat ini semua kemampuan yang dimilikinya akan selalu kalah oleh orang yang secara khusus mengasah kemampuannya dalam satu bidang. Ketika ditanya seperti itu, limbung juga aku. Selama ini diri merasa dengki dengan kemampuan yang dimilikinya, ternyata secepat itu juga dia sadari kekurangannya sendiri. Dan sebagai seorang teman yang baik, sudah jadi kewajibanku carikan berbagai pemecahan atas kegamangan hatinya.
Malam ketika aku dan teman-teman bermain kartu poker, kusadari ada dua sosok kartu yang menyerupai temanku. Sosok pertama adalah kartu joker sebagai temanku yang sekarang, dan kedua kartu as, apa yang ingin dijadikan senjata oleh dirinya. Jadi begini kujelaskan, joker adalah dua kartu hitam dan merah yang mampu memenangkan angka berdasarkan warnanya. Kelebihannya kartu Joker yakni punyai fleksibilitas yang tinggi, tak tergantung pada bentuk kartu (love merah, love hitam, keriting, jajar genjang simetris) untuk menutup kartu, juga nilai yang dimiliki sangat tinggi. Namun ada satu kekurangan yang tak bisa dielakkan, sebagaimana seampuh-ampuhnya kartu juga punyai kelemahan. Joker akan selalu kalah dari kartu as. Demikian juga kartu as yang nilainya tertinggi, namun memiliki fleksibilitas rendah, tak seperti karto joker.

Kubilang padanya, terserah kau ingin jadi kartu joker atau kartu as, itu pilihan. Tapi sebelum kupaksa dia untuk memilih, kuberi dia sedikit asumsi lagi. Anggap saja ada 5 skill yang harus dimiliki sebagai pemuda, yakni: pelajaran, olahraga, seni, pergaulan, rekreasi. Setiap kemampuan yang dimiliki diberikan kredit poin 1-10 dari tigkatan terkecil sampai terendah. Berikut asumsi ngawurnya:
Kartu Joker
Pelajaran         : 9
Olahraga         : 9
Seni                 : 9
Pergaulan        : 9
Rekreasi          : 9 Jumlah= 45

Kartu As
Pelajaran         : 10
Olahraga         : 7
Seni                 : 7
Pergaulan        : 7
Rekreasi          : 7 Jumlah= 38

Asumsi ngawur diatas mencoba berbicara begini: seorang kartu joker memiliki skill kemampuan yang lengkap, namun kalah dalam satu hal dari kartu as (di kehidupan nyata bisa satu-dua hal), contoh saja pelajaran. Namun di bidang lainnya, kartu joker unggul dari As. Kartu Joker menggambarkan keseimbangan, sedangkan As lebih kepada ketajaman dalam hal khusus. Namun dari segi jumlah keseluruhan, akhirnya Joker pula yang menang dari As. Jumlah keseluruhan ku ibaratkan sebagai kualitas diri sebagai pribadi secara keseluruhan, tidak secara parsial dilihat dari segi bidang tertentu. Dan Joker tentunya akan selalu jauh lebih baik disbanding kartu lain macam King, Queen, dan Jack.

Aku mengambil contoh dari kartun Eyeshield 21 (kami sama-sama suka nonton kartun ini), disana ada seorang tokoh yang bernama Kongo Agon. Agon adalah seorang atlit American football yang lengkap. Sebagai runningback larinya cepat, sebagai center dia kuat, dan sebagai quarterback dia cerdas dan mampu mengambil keputusan cepat dengan tepat. Seolah Agon adalah seorang atlit yang komplit dan mumpuni kemampuannya, memang dalam Eyeshield dikisahkan dia seorang yang jenius congkak, menakutkan karena memiliki skill yang hebat diatas atlit lainnya. Namun si Agon ini, dia akan selalu kalah dari Sena Kobayakawa yang larinya nomor satu, dari Shin Seijurou yang kekuatan spear tackle-nya belum terkalahkan, juga dari Hiruma Youichi yang selalu mampu menemukan cara memenangkan pertandinga lewat akalnya yang bulus. Dan seperti itulah seorang Joker, hebat seperti Kongo Agon namun tak pernah luar biasa dalam satu bidang seperti rivalnya. Namun ada cerita unik dikisahkan dalam Eyeshield21, Agon jadi penentu kemenangan timnas American football Jepang melawan musuhnya lewat fleksibilitas dan komplitnya kemampuan Agon saat Hiruma, Sena dan Shin dimatikan pergerakannya. Hiruma ternyata juga mengasumsikan Agon sebagai kartu Joker, “Jack for all trades, trump for nothing…”


Makin lama aku kenal dia, makin dia maju dalam semua bidang. Aku berani bilang bahwa kemampuan belajarnya sangat mengerikan. Dulu awal kenal aku tahu dia tertinggal banyak dari teman-teman baru dalam lingkungan baru, dan sekarang secara tiba-tiba kami sudah melihat tembok besar dihadapan kami dengan bayang-bayangnya yang sedikit angkuh. Fleksibilitas adaptasi dan keinginan tak ingin kalah membuatnya selalu bisa bangkit mengejar dan terbendung sampai saat ini. Kuakui akhirnya kami sekarang sejajar, atau bahkan bisa dibilang sedikit tertinggal dari laju larinya. Dan untungnya dia tak merasa seperti telah berhasil mengejar ketinggalan, meninggalkan kami malah. Bukan, temanku ini malah menjadi liar akan ambisi pribadi, dia makin ingin mengencangkan larinya untuk segera mengejar lain-lain yang lebih besar lagi, seolah tak punya lelah. Keadaan pertongkrongan yang dulu adem-ayem sekarang berubah, suasana kompetisi menyerbak dimana-mana gegara temanku ini. Dan kami senang, karena akhirnya dengan kondisi yang begini, menjadikan persahabatan kami tak hanya membuat nyaman tapi juga menjadi saling memaksa berkembang. Kami sudah sedia ancang-ancang agar makin tak ketinggalan jauh darinya.
Sepertinya aku harus berdamai dengan diriku sendiri dan sepakat untuk berkata bahwa temanku ini memiliki keunikan tersendiri dalam menjalani hidup ditengah segala-gala yang serba biasa, disaat yang lainnya hanya menjalani hidup dengan sekedarnya, semaunya.
Sekarang terserah kau, teman baikku, pilih jadi Joker atau As. Yang jelas, jangan lupa nikmati hidupmu sedalamnya. Dan kau tau, I had a vision, kau akan menjadi orang besar di masa mendatang. Jadilah semua cita-citamu, jadilah semua apa yang ingin kau genggam, jadilah…

17 komentar:

  1. Ayo bergabung dengan kami hanya di dadupoker.com
    Proses WD 24 jam hanya di dadupoker.com
    Permainan fair tanpa Bot, Tanpa Admin,
    200% Member Vs Member
    Kami juga menawarkan Promo Menarik Setiap Harinya
    * Bonus Cashback 0.3%
    * Bonus New Member 5%
    * Bonus Deposit 3% (Berlaku Kelipatan)
    * Bonus Referal 10% up to 20% (Seumur Hidup)
    Hanya dengan 1 ID Anda bisa bermain 5 game
    kami juga menyediakan Sabung Ayam & Joker Slot
    Info Lebih lanjut Hub kami di bit.ly/googledadupoker
    Salam Dadupoker - Agen Judi Online Terpercaya

    BalasHapus
    Balasan
    1. KAMI SEKELUARGA TAK LUPA MENGUCAPKAN PUJI SYUKUR KEPADA ALLAH S,W,T
      dan terima kasih banyak kepada AKI atas nomor yang AKI
      beri 4 angka [9004] alhamdulillah ternyata itu benar2 tembus .
      dan alhamdulillah sekarang saya bisa melunasi semua utan2 saya yang
      ada sama tetangga.dan juga BANK BRI dan bukan hanya itu KI. insya
      allah saya akan coba untuk membuka usaha sendiri demi mencukupi
      kebutuhan keluarga saya sehari-hari itu semua berkat bantuan AKI..
      sekali lagi makasih banyak ya AKI… bagi saudara yang suka PASANG NOMOR
      yang ingin merubah nasib seperti saya silahkan hubungi KI JAYA,,di no (((085-321-606-847)))
      insya allah anda bisa seperti saya…menang NOMOR 750 JUTA , wassalam.



































      Hapus
  2. DaduPoker.com adalah Situs Poker & Domino Online Terpercaya di Indonesia.
    Dapatkan Promo-Promo Menarik Dari Kami :
    Bonus New Member 5%
    Bonus Deposit 3%
    Bonus Referral 20%
    Bonus TurnOver Up To 0,5%
    Ikuti Juga Event Top TurnOver & Top Referral Hanya di www.DaduPoker.com
    Ini adalah pemenang sementara periode 1 May - 16 May 2016
    Game : Poker,DominoQQ,BandarQ,AduQ,Capsa Susun,Sabung Ayam dan Joker
    Gabung yuuk Minimal Deposit Rp. 20.000,-

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mari Bergabunglah Bersama MandiriQQ, menawarkan Berbagai Jenis Permainan Menarik.
      1 ID untuk 7 PERMAINAN ( NEW GAME : BANDAR SAKONG!!! )
      Dapatkan Berbagai Bonus Menarik dari MandiriQQ..!!
      - Bonus TurnOver 0.5% tiap Minggunya
      - Bonus Referral 20% Dibagikan Setiap Minggunya.
      - Minimal Deposit hanya 20 Ribu
      - Minimal Withdraw hanya 50 Ribu
      Untuk info lebih lanjut Silahkan hubungi Cs MandiriQQ
      PIN BBM : 2BE2B4BA
      Line : mandiri_qq
      yahoo : mandiriqq@yahoo.com
      Link : | www.mandirikiukiu.info

      Hapus
  3. Selamat dtang di cumapokerproses transaksi cepat dan terpercaya.

    Mainkan permainan yang didalamnya sekarang sudah ada 6 permain dalam 1 ID:
    *Bandar Poker (NEW)
    *Poker Domino
    *DominoQQ
    *BandarQ
    *AduQ
    *Capsa Sunsun

    Nikmati promo menarik yang kami berikan :
    * Bonus freechip senin-jumat 5.000
    * Bonus freechip sabtu-minggu 10.000
    * Bonus CashBack up to 0.5%
    * Bonus Refferal 100%+100%

    Segera daftar sekarang juga dan jangan lupa mengajak teman-taman anda untuk bergabung dan bermain di cumapoker.Raih keuntungan yang anda ingin kan !!!

    kunjungi livechat kami goo.gl/BGxku5 Dan BBM : 2BE3DCA9(Kezia)

    BalasHapus
  4. Mari kawan-kawan mampir di cumapoker

    Mainkan permainan yang didalamnya sekarang sudah ada 6 permain dalam 1 ID:
    *Bandar Poker (NEW)
    *Poker Domino
    *DominoQQ
    *BandarQ
    *AduQ
    *Capsa Sunsun

    Nikmati promo menarik yang kami berikan :
    * Bonus freechip senin-jumat 5.000
    * Bonus freechip sabtu-minggu 10.000
    * Bonus CashBack up to 0.5%
    * Bonus Refferal 100%+100%

    Kami Juga mempunyai promo "Spesial Event" TO (TURNOVER) yang di bagikan setiap hari jika TO anda mencapai 10 Jt Daftarkandiri anda di sini dan temukan sensasi bermain poker TANPA ROBOT livechat kami goo.gl/BGxku5 Dan BBM : 2BE3DCA9(Kezia)

    BalasHapus
  5. DaduPoker - Agen Judi Poker Domino Online Terpercaya di Indonesia

    6 Permainan Dalam 1 Website
    Poker | DominoQQ | Capsa Susun | AduQ | BandarQ | BandarPoker

    Minimal Dp Rp 20.000,-
    Minimal WD Rp 50.000,-

    Promo DaduPoker
    - Bonus Turnover up to 0.5%
    - Bonus Referral 10% + 10%

    NB : Syarat & Ketentuan Berlaku

    Untuk Informasi Lebih Lanjut bisa Hub Customer Service Kami di
    bit.ly/googledadupoker

    BBM : 2BE2B4B7

    Salam Dadupoker - Agen Judi Poker & Domino Online Terpercaya

    BalasHapus
  6. VipMandiriQQ kini hadir untuk para pecinta poker online, Yang biasa di mainkan di facebook seperti permainan texas holdem poker, Kini VipMandiriQQ mengerti akan keinginan para pecinta poker online,
    Maka itu kami hadir dengan meluncurkan sebuah website poker yang dapat di mainkan dengan menggunakan uang asli.
    Ayo daftar sekarang juga di www.VipMandiriQQ.com,
    Dengan minimal deposit hanya Rp 15.000, Anda sudah dapat bermain, Dan menangkan JACKPOT hingga RATUSAN JUTA RUPIAH.


    Keunggulan bermain di VipMandiriQQ:

    - Permainan yang Anda mainkan di VipMandiriQQ adalah Poker Fair Play.
    - Poker tanpa menggunakan sistem bot, Murni Player vs Player.
    - Transaksi Deposit dan Withdraw cepat.
    - Kami juga menyediakan 5 bank local seperti BCA, MANDIRI, BNI, BRI, dan DANAMON agar para member mudah untuk bertransaksi.
    - Dilayani CS yang Ramah dan Profesional, Siap melayani para member setia VipMandiriQQ selama 24jam full.
    - Bonus Refferal sebesar 20% akan di berikan secara cuma - cuma kepada para member yang mengajak teman-teman untuk bermain di VipMandiriQQ.com
    - Bonus Rollingan sebesar 0,5% di bagikan setiap hari Senin untuk member-member setia VipMandiriQQ.

    Tata cara bergabung bermain di www.VipMandiriQQ.com :

    - Minimal berusia 18 tahun ke atas.
    - Memiliki no. rekening sendiri atau rekening yang valid.
    - Nama pengguna/user dibuat oleh pemain itu sendiri.

    Ayo segera daftarkan diri Anda untuk bermain di VipMandiriQQ, Dan jangan lupa untuk mengajak teman-teman Anda untuk bermain di VipMandiriQQ & rasakan sensasi bermain poker tanpa bot bersama kami di www.VipMandiriQQ.com



    By : VipMandiriQQ.com

    Join Us :
    BBM : 2BE55E80
    SKYPE : vip.mandiriqq
    Facebook : vipmandiriqq
    Twitter : vipmandiriqq1
    CALL&SMS : +85585929692
    WECHAT : VIpmandiriqq
    [img]http://i.imgur.com/QEmONfV.jpg[/img]

    BalasHapus
  7. DaduDomino.com

    Situs BandarQ 6 Game 1 ID
    Minimal Dp 20rb
    Minimal Wd 50rb

    Bonus Turnover dibagikan Setiap Hari dan Bonus Refferal Terbesar

    Menang Hanya di DaduPoker

    Info Lebih Lanjut goo.gl/PpRXxc

    BBM : 2BE2B4B7

    BalasHapus
  8. CumaPoker. com - Situs Judi Online Terpercaya

    Promo CumaPoker:
    * Bonus Cashback 0.5%
    * Bonus Referral 20%

    Minimal Deposit Rp 15.000,-
    Minimal Withdraw Rp 15.000,-

    Tersedia 6 Permainan yang dapat dimainkan dalam 1 UserID:
    - POKER - DOMINO 99 - ADUQ - BANDAR POKER - BANDARQ - CAPSA SUSUN
    Dan masih ada lagi:
    - SLOT GAME - ROULLETE GAME - SHOOTER GAME

    Keuntungan bermain di CumaPoker:
    - 100% Player vs Player (No Bot)
    - Transaksi Deposit dan Withdraw sangat cepat
    - Memiliki LiveChat yang siap melayani anda dengan Customer Service yang sopan dan ramah selama 24 jam penuh
    - Dan masih banyak lagi

    Support Bank:
    BCA, BNI, BRI, Mandiri, Danamon

    CP:
    BBM: 2BE3DCA9
    NO: +855 85569262

    BalasHapus
  9. Hallo bro / sis.. Kembali lagi bersama kami Agen judi Online terpercaya di Indonesia. Kami D*A*D*U*P*O*K*ER poker online yang saat ini ramai di bicarakan oleh para pecinta poker online di Indonesia saat ini. Selain memiliki sistem keamanan terbaik dan tercanggih baik untuk user id serta sampai dengan tampilan permainan yang membuat anda semakin nyaman bermain. pokoknya 100% berbeda dari Agen poker lainnya. Kami juga kini telah menghadirkan Bonus Turn Over yang di bagikan ' SETIAP HARI ' Kepada Seluruh member setia kami. Jadi Tunggu apalagi ?? Segera bergabung bersama kami www.dadupoker.com. Hanya Bersama Kami Hoki dan Keuntungan selalu Ada .

    HOT PROMO DARI DADUPOKER yang di berikan dadupoker untuk para pemain judi poker online yang telah bergabung bersama kami :

    * Bonus Referral 10% + 10% ( Seumur Hidup )
    * Bonus Tunover Up to 0,5% ( DI BAGIKAN SETIAP HARI!!! JAM 12 siang - 3 sore paling lambatnya bonus sudah masuk ke akun member masing - masing ) .
    * NO ROBOT & ADMIN
    * 100% Fair Play Member Vs Member
    * Proses Withdraw & Deposit Tercepat
    * Di layani dengan 5 bank : Mandiri , BCA , BNI , BRI , DANAMON
    * Customer Service yang baik, ramah dan cantik tentunya .

    Dengan deposit minimal hanya Rp.20.000 Anda sudah dapat bermain 6 game 1 user ID tersebut yang tentunya seru dan asik bisa anda para pemain judi poker online nikmati ..

    * POKER
    * ADUQ
    * DOMINO99
    * CAPSA SUSUN
    * BANDAR Q
    * BANDA POKER

    PENDAFTARAN DADUPOKER ISI DATA PRIBADI ANDA SEGERA Di : https://goo.gl/VEB6pH

    Dadupoker Sekarang juga memberikan kepada anda para pemain judi poker online 2 Permainan baru yang pastinya Menarik dan seru kunjungi langsung link di bawah ini :

    *). Recommended -> KLIK : >> www.gg626.com ( Tembak Ikan/Fish Hunter )
    *). Best Game -> KLIK : >> www.s1288.net ( Sabung Ayam/Cock Fight ) .

    Untuk info contact dan customer service kami dadupoker , Anda bisa menghubungi kami di :
    BBM : 2BE2B4B7
    SKYPE : DADUPOKER
    Facebook : DADUPoker
    Twitter : @dadupoker
    CALL&SMS : +85595902910
    WECHAT : DaduPoker

    BalasHapus
  10. CumaPoker adalah situs online terbesar dan terpercaya di Indonesia.
    Ayo Segera Bergabung Disini!
    * Bonus Cashback 0.5%
    * Bonus Referral 20%
    * Dan masih banyak lagi bonus yang menanti

    Hanya dengan minimal deposit dan withdraw Rp. 15.000,-
    Para poker lovers sudah bisa main dengan hanya 1 userid.

    Disini kami menyediakan 7 macam permainan seperti:
    * POKER
    * DOMINOQQ
    * ADUQ
    * BANDAR POKER
    * BANDARQ
    * CAPSA SUSUN
    * Sakong ( NEw Game )

    Kami juga didukung oleh 5 bank besar di Indonesia:

    BCA, BNI, BRI, MANDIRI, dan DANAMON

    Yahoo : cumapoker88@yahoo.com
    BBM : 2BE3DCA9
    No HP : +85585569262
    We chat : cumapoker

    BalasHapus
  11. Halo, MandiriQQ Mempunyai Sesuatu Yang Menarik Nih!
    Untuk Kalian Pecinta Poker & Domino Online Se Indonesia

    7 PERMAINAN YANG DI HADIRKAN MANDIRIQQ
    NEW GAME BANDAR SAKONG!! FISH HUNTER!! SABUNG AYAM LIVE ONLINE!!
    Link Alternatif MandiriQQ:
    - www.mandiridomino.net
    - www.mandirikiukiu.info

    Nikmati kelebihan-kelebihan bermain bersama kami di MandiriQQ:
    - Semua Bank Online 24 Jam (Kecuali BCA)
    - Layanan LiveChat & BBM Fast Respon
    - Proses Deposit & Withdraw 1-3 Menit (Keadaan Bank Normal)
    - Minimal Deposit Terjangkau Rp 20rb
    - Total Bonus Jackpot Hingga Ratusan Juta Rupiah!

    Promo-Promo Menarik MandiriQQ:
    - Bonus Cashback --> 0,5% (Tanpa Syarat & Tanpa Minimal Taruhan)
    - Bonus Referensi --> 10% + 10% (Bonus Tanpa Bermain & Tanpa Modal)

    Yang Jauh Mendekat, Yang Dekat Merapat Ya ^^

    Untuk Info Lebih Lanjut Kunjungi Website Kami www.MandiriQQ.com
    BBM : 2BE2B4BA
    Twitter : mandiriqq
    Facebook : mandiriqq@yahoo.com
    Yahoo : mandiriqq@yahoo.com
    Phone : +85585796383
    Skype : mandiriqq
    Wechat : MandiriQQ

    BalasHapus
  12. Proses Deposit & WD tercepat hanya di METROQQ
    Permainan fair tanpa Bot, Tanpa Admin 100% Player Vs Player

    Dapatkan Bonus Menarik Setiap Harinya
    • Bonus Turnover 0.3 - 0.5% (Dibagikan setiap hari Senin)
    • Bonus Referal 10% + 10% (Seumur Hidup)



    MetroQQ menghadirkan minimal deposit dan withdraw yang sangat rendah loh :
    minimal deposit Rp15.000
    Minimal Withdraw Rp15.000

    Kami juga Menyediakan Promo Menarik
    Bonus Refferal 10% + 10%
    Bonus CashBack 0.3% - 0.5%

    BalasHapus
  13. TRIBUNQQ.NET AGEN POKER ONLINE TERBESAR & TERPECAYA 2017 | MEMBER vs MEMBER 100% NO ROBOT. PROSES CEPAT & MUDAH. CUSTOMER SERVICE 24JAM ONLINE. PROMO BANYAK.

    Bonus CashBack Sebesar 0,5% setiap senin
    Bonus Referral sebesar 20% berlaku seumur hidup

    Dengan 1 ID bisa akses ke 5 Permainan Terbaik se-Indonesia
    Permainan yang kami sediakan saat ini : Poker, Domino99, Bandar Poker, BandarQ, Bandar Sakong

    Supported 6 Bank terbaik di-indonesia BCA-BRI-BNI-Mandiri-Cimb Niaga-Danamon

    Minimal Depo & WD hanya : Rp 15.000,-

    Yuk segera bergabung bersama kami dan menangkan hadiah hingga RATUSAN JUTA RUPIAH !!
    Mau langsung daftar ? Kunjungi Website resmi kami hanya di WWW.TRIBUNQQ.NET
    bit.ly/TribunHoki

    BalasHapus
  14. TiketQQ Agen BandarQ Domino99 Bandar

    Poker dan Bandar66 Online Terbaik Di Asia
    * Minimal DEPOSIT Rp 15.000,-
    * Tersedia 8 game dalam 1 USER ID
    * Bonus TO 0,5% Setiap 5 hari
    * Bonus Refferal 20%
    < Contact Us >
    Website : TIKETQQ
    Daftar : DAFTAR TIKETQQ
    Pin BB : tiket99
    LINE : Tiketqq
    WA : +855966348165
    Twitter : TIKETQQ
    Facebook: Tiket 99

    BalasHapus